You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Membangun Dari Desa


Membangun Dari Desa
Contoh pembangunan di Desa Dasun dalahan Gedung Serba Guna Dasun dan Rumah Makan Apung di Kawasan RTH Dasun, pembangunan ini selaras dengan program pemerintah membangun dari pinggiran (dok: dasun.desa.id)

Dasun-rembang.desa.id-Membangun dari desa adalah salah satu komitmen pemerintah untuk menghadirkan pemerataan ekonomi yang berkeadilan. Sebab itu jumlah Dana Desa terus ditingkatkan setiap tahunnya. Masyarakat adat juga terus diperkuat dan diberikan akses terhadap kesejahteraan. Kemudian perekonomian di tingkat bawah digerakkan melalui penyediaan kredit dengan bunga rendah.

Untuk mewujudkan pemerataan ekonomi Distribusi Dana Desa, penguatan kelembagaan desa, serta keterbukaan pengelolaan anggarannya perlu dikembangkan untuk disempurnakan. Pemerintah terus memastikan bahwa desa sebagai entitas terkecil mampu menjadi penopang utama pelayanan warga dan sekaligus penggerak perekonomian bangsa.

Pengakuan terhadap hak – hak masyarakat adat adalah pendekatan baru dalam rangka memperkuat sistem sosial dalam masyarakat lokal. Sementara, untuk menggerakkan perekonomian di tingkat mikro dan sekaligus membebaskan warga dari jeratan utang yang mencekik, program kredit untuk rakyat terus didorong dan diperluas cakupannya.

Sebagai wujud komitmen pemerintah dalam pembangunan desa, angaran dana desa dari tahun ke tahun terus meningkat, pada tahun 2015 dana desa hanya sebesar 20,76 triliun, ditahun 2016 meningkat menjadi 46,98 triliun dan untuk tahun ini (2017) menjadi 60 triliun. Sedangkan Dana Transfer ke Daerah yang dialokasikan untuk mengurangi ketimpangan antara pusat dan daerah juga terus mengalami peningkatkan. Dari data Kemendes tercatat dana tranfer daerah dari tahun 2014 sampai tahun 2017 mengalami peningkatan, tahun 2014 hanya sebesar 292,55 triliun sedangkan di tahun 2017 mengalami peningkatan yang sangat siknifikan yaitu sebesar 70,92 triliun.

Dengan dukungan penuh pemerintah terhadap desa dengan wujud alokasi dana desa yang terus meningkat ini diharap bisa dimanfaatkan sesuai undang-undang yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Untuk lebih lebih detail bisa dilihat di infografis di bawah. (berdesa.com)

Infografis Membangun Desa (berdesa.com-Kementerian Desa PDTT)
Bagikan artikel ini:
Komentar