You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Sujarwo Periode Kedua, Penuh Prestasi Membanggakan Rembang


Sujarwo Periode Kedua, Penuh Prestasi Membanggakan Rembang

dasun-rembang.desa.id-Berbekal ingin melanjutkan rencana dari masterplan[1] Dasun maju, Sujarwo mengikuti proses suksesi Kepala Desa lagi yang kedua kalinya. Pada tahun 2013 terdapat tiga orang yang mencalonkan diri, yaitu Sujarwo, Subani, dan Sukarno. Sujarwo memperoleh undian nomor urut satu dengan simbol padi. Subani memperoleh undian nomor dua dengan simbol gambar ketela. Adapun Sukarno memperoleh nomor undian nomor tiga dengan simbol jagung[2].

“Saya alhamdulillah di kontestasi pemilihan Kepala Desa tahun 2013, kami ikut tampil lagi bersama bapak Subani dan bapak Sukarno dan alhamdulillah saya masih diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk meneruskan perjuangan ini.” (Sumber: Wawancara dengan Sujarwo, 17 Desember 2020)

Pencalonan kepala desa Dasun tahun 2013 ini cukup menegangkan. Dari perolehan suara calon, calon gambar padi memperoleh 198 suara, calon gambar ketela memperoleh 172 suara, dan calon gambar jagung memperoleh 121 suara. Antara calon bergambar padi dengan ketela hanya selisih 26 suara[3]. Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 141/1857/2013, Sujarwo dinyatakan menjadi Kepala Desa Dasun tahun 2013[4]

Pada tahun 2013 pemilihan kepala desa di Dasun masih mengenakan gambar simbol jenis pangan pada surat suara. Adapun pada proses pencalonan Kepala Desa berikutnya telah menggunakan kertas suara bergambar diri calon disertai nama lengkapnya. Perubahan penggunaan alat pemilu ini mengacu pada Perbub Rembang nomor 35 tahun 2016 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa, yang kemudian disempurkan hingga terjadi tiga perubahan[5].

Visi Sujarwo yang tertuang pada tahun sebelumnya tentang Pembangunan Kawasan RTH Dasun, telah mewarnai program kerja pada periode kedua. Berdasarkan dokumen rencana program dan laporan pertanggung jawaban kegiatan selama tiga tahun pertama, fokus pada penataan kawasan RTH.

Program Unggulan tahun 2013-2015

Tahun 2013

Tahun 2014

Tahun 2015

Pembangunan PLPBK RTH Dasun

Warga mulai berdagang di RTH Dasun

Warga semakin banyak yang berdagang di RTH Dasun

Pembangunan Gedung Tani dan Nelayan sekarang Gedung Perpustakaan Desa

Pembangunan Saluran Air (PLPBK)

Pembangunan Tebing Kawasan Taman Desa

Pembangunan Drainase

Pengaspalan Jalan Desa

Pembangunan Parkir Kawasan Taman

Pembangunan MCK

Pembangunan Bedah Rumah Tidak Layak Huni (PNPM)

Pembangunan Kios Kuliner

Pembangunan Lampu Jalan Desa

Pemberian Makanan Tambahan untuk Balita dan Lansia

Penerangan Jalan (JPU)

Pemberian Makanan Tambahan untuk Balita dan Lansia

 

 

Sumber: Diolah oleh Exsan Ali Setynugroho dengan diadaptasikan dari program desa tahun 2013 s.d 2015, tahun 2020

Rekaman Kegiatan Tahun 2018

Berdasarkan kumpulan laporan kegiatan desa Dasun tahun 2018, desa Dasun memiliki delapan belas kegiatan unggulan berbasis potensi desa. Dua belas kegiatan unggulan tersebut di antaranya: (1) Tambahan Gazebo Warung Apung Dasun, (2) Pembangunan Pos Jaga Taman Dasun, (3) Pembangunan Parkir Taman Dasun, (4) Pembangunan Aspal Jalan Desa, (5) Juara Lomba Perpustakaan Perpuseru Award 2018, (6) Juara Umum Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) 2018, (7) Angklung Dasun, (8) Pembangunan Sarana Prasarana Pemancingan, (9) Pembangunan Jalan Lingkungan Desa, (10) Promo Wisata dan Gelar Budaya Desa Dasun Tahun 2018, (11) Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni, dan (12) Pembangunan MCK di Warung Apung.

Tambahan Gazebo Warung Apung Dasun. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menambahkan gazebo di warung apung Dasun yang dirasa kurang, selain itu juga untuk tambahan fasilitas mushola agar pengunjung merasa nyaman bisa menikmati hidangan di warung apung namun juga bisa tetap beribadah.

Pembangunan Pos Jaga Taman Dasun. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar terdapat tempat pos jaga untuk penunjang prasarana di Taman Desa Dasun, kerena aset yang ada di sana sangat banyak sehingga dibutuhkan tempat pengamanan.

Pembangunan Parkir Taman Dasun. Pembangunan parkir di kawasan taman desa dimaksudkan untuk menampung parkir di kawasan taman Dasun. Hal ini didorong oleh pengalaman sebelumnya, saat taman Dasun digunakan untuk pelaksanaan festival Lasem dimana pemarkirannya belum begitu teratur. Pembangunan area parkir di kawasan Taman Dasun ini bisa mengantisipasi persoalan parkir ketika taman Dasun digunakan untuk acara terbuka.

Pembangunan Aspal Jalan Desa. Pembangunan jalan aspal desa ini dimulai dari jembatan penghubung desa Dasun-tasiksono sampai RTH Dasun. Pembangunan direalisasikan karena memang kondisi jalan sudah perlu direvitalisasi kembali. Sebetulnya pengaspalan jalan pada tahun 2018 dianggarkan sampai ke ujung selatan desa yakni RT.03 secara keseluruhan, karena ada aturan untuk wajib menganggarkan Rumah Tidak Layak Huni, maka anggarannya jalan hanya sampai di taman Dasun. Kemudian untuk RT 3 secara keseluruhan dianggarkan di tahun 2019.

Juara Lomba Perpustakaan Perpuseru Award 2018. Perpustakaan Desa Dasun mendapatkan juara terbaik nasional dalam ajang perpuseru award tahun 2018 yang diselenggarakan di Hotel Ambarukmo Yogyakarta.

Juara Umum Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) 2018. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Dasun mendapatkan juara umum dalam rangka lomba Konvensi Pokdarwis Se-Jawa Tengah. Dengan rincian Pokdarwis mendapat juara 1 gelar produk dan juara 1 konvensi pengelola pokdarwis. Pokdarwis Desa Dasun diwakili oleh Exsan Ali Setyonugroho, Ony Vena Mulyana dan Istiadah Hanifah Putri.

Angklung Dasun. Pada Tahun 2018 Pemdes Dasun menganggarkan pengadaan Angklung dari operasional Karangtaruna. Pengadaan alat musik ini sangat berpengaruh di kemudian hari karena anak muda Dasun dapat mengoperasikannya dengan baik sehingga mereka bisa tampil diberbagai event besar seperti promo wisata sampai hajatan perorangan. Intinya bertujuan untuk menberikan dukungan kepada kreatifitas pemuda desa Dasun.

Pembangunan Sarana Prasarana Pemancingan. Pembangunan sarana prasarana pemancingan desa Dasun ini dilaksanakan karena BUMDesa “Karya Bahari” desa Dasun akan membuka unit pemancingan yang berlokasi di belakang warung apung dan gedung serba guna desa Dasun.

Pembangunan Jalan Lingkungan Desa. Pembangunan jalan lingkungan ini berfokus pada jalan yang menghubungkan rumah penduduk dengan jalan utama desa Dasun.

Promo Wisata dan Gelar Budaya Desa Dasun Tahun 2018. Promo wisata dan gelar budaya desa Dasun tahun 2018 diselenggarakan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata kab. Rembang yang difokuskan di desa Dasun.

Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni. Pembangunan rumah tidak layak huni dimaksudkan bahwa pemdes memberikan stimulus pemuaran rumah yang tidak layak huni di desa Dasun

Pembangunan MCK di Warung Apung. Pembangunan MCK di kawasan warung apung dilaksanakan untuk menambah fasilitas warung apung sehingga menjadi nyaman dan ramah terhadap pengunjung. Karena sebelumnya untuk mck difokuskan di gedung serba guna.

Tabel 9. Program Unggulan tahun 2016-2018

Tahun 2016

Tahun 2017

Tahun 2018

Pembangunan Gedung Serba Guna Dasun

Pembangunan Warung Apung Dasun

Tambahan Gazebo Warung Apung Dasun

Penataan Taman Desa

Pembukaan Warung Apung Dasun

Pembangunan Pos Jaga Taman Dasun

Malam Pusaka Desa Dasun

Lasem Festival (Pemkab)

Pembangunan Parkir Taman Dasun

Pengaktifan Susur Sungai Dasun

Pengaktifan Website Desa Dasun.desa.id

Pembangunan Aspal Jalan Desa

Pendataan Potensi Desa Dasun

Rembang Kreatif Fest (BKK)

Juara Lomba Perpustakaan Perpuseru Award 2018

Dasun Cantik

Promo Wisata dan Gelar Budaya Desa Dasun Tahun 2017

Juara Umum Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) 2018

Promo Wisata Bahari Dasun

Pembangunan Warung Apung Dasun

Angklung Dasun

Pembuatan Film Dokumenter Desa

 

Pembangunan Sarana Prasarana Pemancingan

Pembuatan Media Sosial Desa (Youtube, Fans Page Facebook, Website, Instagram, dan lain-lain)

 

Pembangunan Jalan Lingkungan Desa

Pelatihan bagi pemuda untuk wirausaha Bandeng Presto “Dasun Rahayu”

 

Promo Wisata dan Gelar Budaya Desa Dasun Tahun 2018

 

 

Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni

 

 

Pembangunan MCK di Warung Apung

Sumber: Diolah oleh Exsan Ali Setynugroho dengan diadaptasikan dari program desa tahun 2016 s.d 2018, tahun 2020

Rekaman Kegiatan Tahun 2019

Berdasarkan kumpulan laporan kegiatan desa Dasun tahun 2019, desa Dasun memiliki empat belas kegiatan unggulan berbasis potensi desa. Dua belas kegiatan unggulan tersebut di antaranya; (1) Pembangunan Jalan Ke Pantai, (2) Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni, (3) Pembangunan Pagar Kawasan Taman Desa, (4) Peningkatan Kapasitas BUMDes dan Pengelola Wisata Desa, (5) Renovasi/Normalisasi Drainase, (6) Pengaspalan Jalan RT. 03, (7) Pengerasan Jalan, (8) Pembangunan Lampu Jalan dan Plangisasi, (9) Pembangunan dan Renovasi Jalan Rabat Beton, (10) Pelatihan Kader Kesehatan, (11) Kelas Ibu Hamil, (12) Pelatihan Fotografi, (13) Posyandu Remaja, dan (14) Fasilitasi Kegiatan Posyandu.

Pembangunan Jalan Ke Pantai. Pembangunan jalan ke pantai adalah prioritas utama pada tahun 2021. Pembangunan ini sangat dinanti-nanti seluruh masyarakat desa Dasun. Selain sebagai akses petani tambak dan nelayan Dasun yang layak, pembangunan jalan ini akan membuka pariwisata susur sungai Dasun dan pembukaan wisata pantai Dasun ke depan.

Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni. Pembangunan rumah tidak layak huni masih diperlukan untuk merenovasi rumah-rumah tidak layak huni di desa Dasun. Ini merupakan upaya untuk menata pemukiman di desa Dasun yang layak huni dan sehat.

Pembangunan Pagar Kawasan Taman Desa. Pembangunan pagar kawasan taman adalah upaya untuk membangun sedikit demi sedikit prasarana yang ada di taman Dasun. Teknis dari pekerjaan ini adalah untuk pagar kawasan pemancingan desa Dasun. Tujuannya agar kawasan taman Dasun menjadi semakin aman dan layak bagi kunjungan wisata.

Peningkatan Kapasitas BUMDes dan Pengelola Wisata Desa. Peningkatan kapasitas BUMDes dan Pengelola Wisata Desa diselenggarakan dengan tujun untuk meningkatkan informasi dn pengetahuan pengelola terhadap pengelolaan wisata dan bumdes yang ada di desa Dasun. Para peserta diberikan berbagai contoh suksesnya pengelolaan wisata dan pengelolaan bumdes di desa Bejalen, dan desa Pujon kidul.

Renovasi/Normalisasi Drainase. Renovasi drainase digunakan untuk mencegah genangan air saat hujan tiba di lingkungan desa Dasun. Selain itu bertujuan untuk mencegah kerusakan jalan apabila air tergenang di jalanan desa Dasun. Kemudian agar lingkungan tampak bersih dan sehat karena terdapat saluran air yang benar. Pekerjaan ini dilakukan di tahun 2019 karena kondisi drainase pada saat itu sudah banyak yang rusak.

Pengaspalan Jalan RT.03. Pengaspalan jalan RT.03 dilakukan karena untuk melanjutkan program di tahun 2018 yang belum bisa menyelesaikan pengaspalan jalan di seluruh lingkungan desa Dasun.

Pengerasan Jalan. Pengerasan jalan ini dimaksudkan untuk membuat jalan baru dengan tanah agar sementara tidak becek di saat hujan. Pengerasan jalan dilakukan untuk menghubungkan jalan desa dengan rumah-rumah penduduk yang belum ada rabat beton.

Pembangunan Lampu Jalan dan Plangisasi. Pembangunan lampu jalan dan plangisasi adalah upaya dari pemdes Dasun untuk memberikan fasilitas penerangan disepanjang jalan desa Dasun.

Pembangunan dan Renovasi Jalan Rabat Beton. Pembangunan dan renovasi jalan rabat beton bertujuan untuk memberikan jalan rabat yang layak bagi penduduk desa Dasun, terutama untuk menghubungkan rumah penduduk dengan jalan desa.

Pelatihan Kader Kesehatan. Kader kesehatan diberikan pelatihan mengenai pelaksanaan kegiatan-kegiatan kesehatan di desa Dasun, kemudian lebih teknis diberikan pemahaman tentang pelayanan kesehatan untuk membantu pemdes dalam upaya peningkatan kesehatan di desa. Ada pula untuk melatih kader kesehatan dalam pengisian buku-buku tentang kesehatan.

Kelas Ibu Hamil. Kelas ibu hamil adalah kegiatan untuk memberikan konseling terhadap ibu hamil di desa Dasun. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada ibu hamil bagaimana menjaga kondisi kehamilan.

Pelatihan Fotografi. Pemerintah Desa Dasun dalam tahun anggaran 2019 menyelenggarakan Pelatihan Fotografi pada 21-22 Desember 2019 bertempat di Balai Desa Dasun. Pelatihan Fotografi ini sebagai upaya untuk mewujudkan Desa Dasun daulat data serta generasi muda memahami teknik pengambilan dokumentasi melalui kamera berbentuk foto.

Posyandu Remaja. Posyandu remaja adalah kegiatan untuk menyadarkan remaja akan pentingnya mejaga kesehatan. Kegiatan ini juga merupakan media konseling bagi remaja tentang permasalahan kesehatan yang dihadapinya. Kegiatan ini juga mendatangkan petugas kesehatan seperti bidan serta mendapatkan makanan tambahan.

Fasilitasi Kegiatan Posyandu. Fasilitasi kegiatan posyandu dimaksudkan untuk mendukung kegiatan-kegiatan posyandu dalam upaya meningkatkan kesehatan di desa.

Penulis: Exsan Ali Setyonugroho/ Dasun: Jejak Langkah dan Visi Kemajuannya

 

[1]Lihat masterplan desa Dasun tahun 2013. Lihat link https://drive.google.com/file/d/14MCvF98xiE25xbhHePq5y-Lh6C4TfSee/

[2]Lihat lembar Panitia Penetapan Calon Kepala Desa Dasun, tahun 2013.

[3]Lihat Hasil Penghitungan Suara Pilkades desa Dasun tahun 2019.

[4]Lihat SK SUJARWO 2013 (PERIODE 2) : Keputusan Bupati Rembang Nomor 141/1857/ 2013 Tentang Pengangkatan Saudara Sujarwo Sebagai Kepala Desa Dasun Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Akses link https://drive.google.com/file/d/1uaWVYJqaRvBFdqc_XwO054ZirGvAiS-D

[5]Lihat Perbub Kabupaten Rembang Nomor 33 tahun 2017, Perbub Kabupaten Rembang Nomor 24 tahun 2019, dan Perbub Kabupaten Rembang Nomor 34 tahun 2019 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Bagikan artikel ini:
Komentar