You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Pelestarian Tradisi Gogo di Desa Dasun, Lasem, Jawa Tengah


Pelestarian Tradisi Gogo di Desa Dasun, Lasem, Jawa Tengah

dasun-rembang.desa.id-Gogo adalah adalah aktivitas mencari ikan di tambak/sungai tanpa menggunakan alat bantu alias tangan kosong. Biasanya, orang gogo mendapatkan udang, dan berbagai jenis ikan yang ada di tambak maupun sungai. Konon, Gogo adalah cara paling kuno bagi masyarakat Desa Dasun untuk menangkap ikan, sebelum mengenal alat bantu.

Gogo biasanya dipraktikan saat “ngirup” yakni tradisi sodaqoh pemilik tambak kepada masyarakat umum untuk memperbolehkan tambaknya diambil ikannya. “Ngirup” biasanya dilakukan saat pemilik tambak sudah panen dan sisanya untuk masyarakat. Nah, waktu kecil, inilah tradisi yang sangat admin sukai di Desa Dasun, selain juga ada sedekah laut, ke pulau gosong, bancaan di punden Mbah Rejeng & Mbah Kongso, liat orang panjat pinang, melihat proses pembuatan garam, sampai main petak umpet.

Kepala Desa Dasun Sujarwo memberikan penjelasan lengkap mengenai tradisi gogo atau ngirup ini kepada reporter dasun.desa.id

“Tradisi Ngirup atau Gogo adalah sebuah tradisi masyarakat Dasun dan sekitarnya yaitu menangkap ikan ramai-ramai di tambak tanpa alat tangkap. Ikan di berikan petani tambak secara sukarela kepada masyarakat umum untuk di ambil secara bersama setelah petani itu memanen hasil budidayanya tapi sengaja menyisakan untuk di irup bersama.

Kenapa tradisi ini kami angkat dan kami adakan di gelar budaya dan promo wisata atau agenda tahunan desa kami dalam rangka mengangkat sebuah tradisi masyarakat yang mulia dengan iqlas dan rela berbagi untuk saudaranya di sekitarnya.

Walaupun dengan berjebur dan berkotor kotoran lumpur tapi mengasikan dan mengingatkan kita di masa-masa bermain dulu di kala masih kecil bermain lumpur bersama teman sebaya,” kata Sujarwo menjelaskan deskripsi tradisi gogo.

Nah, Senin, 14 Agustus 2017 ada lomba gogo di Tambak Desa Dasun (samping RTH DASUN), pesertanya umum datang dari berbagai desa bahkan mewakili kecamatan se-kabupaten Rembang. Lomba ini dilaksanakan untuk memperkenalkan kepada khalayak tentang tradisi masyarakat Dasun saat menangkap ikan, selain jg sebagai sarana mempromosikan, melestarikan budaya dan pariwisata di Dasun dalam rangka Gelar Budaya dan Promo Wisata Desa Dasun 2017.

Yuk selamat menonton!

Bagikan artikel ini:
Komentar